SUMPAH PEMUDA SEMANGAT BERSATU JADI BANGSA INDONESIA

SUMPAH PEMUDA 2KOTA TANGERANG – Inmas.  Apel Senin kali ini mengangkat tema Sumpah Pemuda, Hari Sumpah Pemuda jatuh pada hari Sabtu, ( 28/10 ) Peringatan Kegiatan tersebut dilaksanakan Senin ( 30/10 ) dihalaman Kantor Kemenag Kota Tangerang Jalan Perintis Kemerdekaan 2 Babakan Kota Tangerang.

Bertindak sebagai Pembina Apel Penyelenggara Syariah Kantor Kemenag Kota Tangerang HM. Bahtera Yudha dan Komandan Apel M. Subkhi Pelaksana Seksi Bimas Islam.

Pada kesempatan tersebut Bahtera mengatakan peringatan Hari Sumpah Pemuda yang diperingati setiap tanggal 28 Oktober sebagai salah satu tonggak penting dalam sejarah bangsa Indonesia. Ikrar tersebut dilaksanakan 17 tahun sebelum Indonesia merdeka.

Pertama:Kami poetra dan poetri Indonesia, mengakoe bertoempah darah jang satoe, tanah Indonesia.
Kedoea:Kami poetra dan poetri Indonesia mengakoe berbangsa jang satoe, bangsa Indonesia.
Ketiga:Kami poetra dan poetri Indonesia mendjoendjoeng bahasa persatoean, bahasa Indonesia.

SUMPAH PEMUDAUntuk poin tiga menggunakan bahasa mendjoendjoeng bahasa persatoean, bahasa Indonesia. Hali itu disebabkan banyaknya bahasa daerah di Indonesia. Pemuda Indonesia yang sebelumnya tergabung dalam Jong Java, Jong Sumatra, Jong Batavia, Celebes, Jong Ambon, Jong Timorese dan lainnya mengikrarkan diri dalam Satu Tanah Air, Satu Bangsa dan Satu Bahasa Indonesia.

Sumpah Pemuda, harus diwujudkan dengan semakin kokohnya persatuan dan kesatuan bangsa untuk meraih cita-citanya. Makna perjuangan inilah yang harus dipertahankan dan dikobarkan terus menerus sehingga bangsa ini, khususnya pemuda menyadari akan pentingnya persatuan sebagai modal dasar membangun bangsa dan Negara Kesatuan RI. #Hasan*69

Check Also

penyerahan sertifikat tanah untuk pembangunan asrama haji

Keterangan Foto : Kabid PHU Kementerian Agama Kantor Wilayah Provinsi Banten H. Machdum Bachtiar Didampingi …