Upaya Meraih Keberkahan Ramadhan

Kultum Hari Ke-4 Disampaikan Oleh: H.A. Hasanuddin, HR, Sos.I. Penyuluh Agama Islam

KULTUM HARI KE-4KOTA TANGERANG – KEMENAG. Telah berkata Salman Al-Farisy; “Telah berkhutbah kepada kita Rosulullah pada hari terakhir di bulan Sya’ban. Maka Rosulullah bersabda:

” Wahai umat manusia! Sungguh kalian telah dinaungi oleh bulan yang agung, bulan yang penuh dengan keberkahan. Bulan yang di dalamnya ada satu malam yang lebih baik dari seribu bulan.

Allah telah menjadikan puasa pada siang harinya sebagai sebuah kefardhuan/kewajiban dan ibadah sholat pada malam harinya sebagai kesunnahan. Hal itu disampaikan H.A.  Hasanuddin saat memberikan Kultum Hari Ke-4 Bulan suci Ramadhan. Kamis, ( 09/05 ). Berlokasi di Masjid Asy-Syifa Jalan Perintis Kemerdekaan 2 Babakan kota Tangerang

Lebih lanjut Hasan mengatakan, siapa orang yang beribadah mendekatkan diri kepada Allah di dalamnya dengan sebuah kebaikan (yang tidak diwajibkan), maka adalah  (nilainya) dia seperti melaksanakan ibadah fardhu/kewajiban pada bulan yang lainnya.

Siapa orang yang melaksanakan sebuah kefardhuan/kewajiban di dalamnya, maka adalah  (nilainya) dia seperti orang yang melaksanakan tujuh puluh kefardhuan/kewajiban pada bulan lainnya. Bulan Ramadhan adalah bulan kesabaran. Dan kesabaran balasannya adalah surga.

Dia adalah bulan berkasih sayang (saling memiliki rasa simpati/menghibur), dan bulan yang di dalamnya akan menjadi bertambah  rizqi orang Mu’min. Siapa orang yang di dalamnya memberi makanan untuk berbuka bagi orang yang berpuasa, maka adalah itu  menjadi ampunan bagi dosa-dosanya dan pembebas dirinya dari neraka. Dan adalah bagi dia seperti pahala orang yang berpuasa itu tanpa mengurangi sedikitpun pahalanya orang yang berpuasa itu”.

Para sahabat berkata; “Ya Rosulullah! Tidaklah semua dari kami memiliki makanan yang bisa diberi untuk berbuka  kepada orang yang  berpuasa.” Rosulullah Bersabda:

“Allah memberi pahala ini terhadap seseorang yang memberi bukaan puasa akan orang yang berpuasa atas sebiji kurma, atau sepinuman air, atau seteguk susu.

kultum hari ke-4. 2Bulan Ramadhan adalah bulan yang awalnya adalah rahmat, tengahnya adalah ampunan dan akhirnya adalah pembebasan dari neraka. Dan siapa orang yang meringankan (pekerjaan) seorang budak (pekerja) yang dimilikinya, maka Allah akan mengampuni dosa baginya dan Allah akan membebaskan dirinya dari neraka…(al-hadits)” (HR. Ibnu Khuzaimah dalam kitab Shoheh Ibnu Khuzaimah. Juz. III. hal. 191. No. Hadits; 1887 (Maktabah Syamilah), dari Salman Al-Farisy) / (Irsyadul Ibad. hal. 44).

Begitu istimewanya bulan Ramadhan ini bagi ummat Islam, sehingga bila Ramadhan tiba, amiirul mu’minin ‘Umar bin Khattab menyambut nya dengan ucapan:

“Selamat Datang bulan yang mensucikan, yang di dalamnya penuh kebaikan. (Wajib) berpuasa pada siang harinya, (Sunnah) beribadah pada malam harinya. Dan menafkahkan harta di dalamnya seperti menafkahkan harta di jalan Allah (fi sabilillah).” (Al-Ghuniyyah. hal. 319)

“Marhaban Yaa Ramadhan! Semoga Allah Selalu Melimpahkan Kesehatan, Ke’afiatan, Keselamatan, Taufiq Dan Hidayah-Nya Kepada Kita Semua, Sehingga Kita Bisa Melaksanakan  Kewajiban Dan Berbuat Kebaikan Dibulan Agung Ini, Agar Kita Bisa Meraih Keberkahan, Rahmat, Ampunan Dan Keselamatan Dari Siksa Neraka.”. #Hasan*69

Check Also

penyerahan sertifikat tanah untuk pembangunan asrama haji

Keterangan Foto : Kabid PHU Kementerian Agama Kantor Wilayah Provinsi Banten H. Machdum Bachtiar Didampingi …